Selasa, 17 Juli 2012

"SEQUOIA" Komputer Tercanggih di Dunia Saat Ini



Perkembangan Super Komputer dari hari ke hari makin pesat saja yah. Nah baru baru ini kabar yang tersiar adalah Super Komputer tercepat di dunia tahun 2012 ini dipegang dan diraih oleh Perusahaan IBM. 

Nama, Super Komputer Tercanggih di dunia ini mereka namakan sebagai "Sequoia". dan Teknologi yang diusungnya adalah menggunakan Prosessor IBM Power QBC 16 Core dengan Kecepatannya mencapai hingga 1,6GHz. Nah itu artinya Komputer Super ini membutuhkan hingga 98.304 Prosesor dengan Jumlah Total Core-nya mencapai sampai 1,6 Juta Core.!

Dan, keunggulan lainnya dari Super Komputer ini adalah dia memiliki Kinerja Professional yang lebih tinggi dan punya Konsumsi daya yang katanya lebih efisien dari sebelumnya yang mencapai hingga 16,32 PetaFlops atau kalau kita Kalkulasikan Per detik adalah menggunakan daya sebesar 7,09 di 16 ribu Triliun Kalkulasi Perdetik.

Wah, hebat banget yah. dan mungkin anda bertanya tanya untuk apa sih Super Komputer Canggih ini. Well, banyak banget kegunaan dari Super Komputer ini baik untuk Astronomi, Kedokteran, Rekayasa Genetika, bahkan hingga Militer. 

Dengar dengar sih, Katanya IBM Sequoia milik Departemen America Serikat ini akan digunakan untuk melakukan Simulasi Uji Coba Senjata Nuklir. tapi dalam artiaan bukan untuk Perang Perangan yah, dan juga bukan nyata. cuma di Komputer aja sih kata mereka. Nah, gimana nih menurut anda. Apakah anda tertarik menjadi salah satu Professor Komputer di Super Komputer ini. 

0 comments:

Posting Komentar